Alat-ukur_tekanan_darah

Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi

Diposting pada

Di bawah ini beberapa makanan penurun darah tinggi,bahkan bisa di- temukan di sekitar kita.apa saja makanan yang bisa di gunakan menurunkan darah tinggi?

Banyak sekali jenis makanan penurun darah tinggi,yang bisa kita temukan di lingkungan sekitar kita. Mulai dari sayuran,buah-buahan dan jenis tumbuhan lain-nya.

Darah tinggi atau penyakit Hipertensi merupakan jenis penyakit,yang sering kita temukan sehari-hari. Penyakit ini bisa di sebabkan pola hidup yang kurang sehat,atau gangguan lain seperti;Stress,pecandu alkohol,perokok atau gejala lain,yang menyebabkan tekanan darah menjadi tinggi.

Penyakit tekanan darah tinggi bisa di sembuhkan secara medis, atau juga bisa dengan cara tradisional. akan tetapi ada sebagian orang yang alergi terhadap obat-obatan. Bagi anda yang alergi terhadap obat,sebaiknya gunakan cara alami saja,yaitu,memanfaatkan sumber daya alam di sekitar kita.

Orang yang alergi obat-obatan biasanya;mengalami gejala gatal-gatal,ruam,demam,mual dan mengalami diare. Di sebabkan oleh sistem imunitas yang lemah,sehingga saat mengkonsumsi obat menjadi alergi.

Daftar isi
Jenis makanan penurun darah tinggi
1.Buah belimbing
2.Buah naga
3.Buah semangka
4.Buah sirsak
5.Tumbuhan pegagan
6.Bawang putih
7.Akar alang-alang
8.Daun salam
9.Daun pepaya
10.Batang selederi
11.Batang serai
12.Buah kapolaga
13.Cengkeh

13 Jenis Makanan Penurun Darah Tinggi;

#1. Buah Belimbing

Buah_belimbing-penurun_darah_tinggi
Belimbing-Wikipedia

Saya yakin anda tidak asing dengan buah yang satu ini bukan? Buah yang berbentuk seperti bintang,dan rasa asam manis ketika di makan. Sejak bertahun-tahun buah belimbing sangat kaya akan manfaat-nya,salah satunya menurunkan penyakit darah tinggi.

Buah belimbing lebih dari 65%,mengandung vitamin C,sangat baik untuk mengobati segala jenis penyakit,terutama bagi penderita kekurangan Vitamin C.

Bagi anda yang kurang menyukai rasa asam,anda bisa membuat jus belimbing di campur dengan madu,untuk mengurangi rasa asam pada buah belimbing. Untuk anda yang mempunyai penyakit darah tinggi sebaiknya minum secara rutin jus buah belimbing pagi dan sore hari.

#2.Buah Naga

Buah_naga-penurun_darah_tinggi
Image by Wikipedia

Buah naga atau yang mempunyai nama latin ‘Hylocereus Undatus adalah jenis tumbuhan kaktus yang buahnya dapat di makan. Buah naga awalnya berasal dari Meksiko Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Di daratan asia,buah ini bisa di temukan di berbagai negara Indonesia, Malaysia,Filipina,Thailand,Vietnam,Taiwan,Tiongkok,Okinawa dan lain-nya.

Bagi anda yang kurang menyukai rasa asam,buah naga bisa menjadi alternatif menurunkan darah tinggi anda. Rasa manis pada buah naga akan membantu anda bersemangat,mengobati penyakit anda.

Karena buah naga mempunyai kaya manfaat,tidak heran kalau buah yang satu ini,mulai di kembangkan oleh berbagai negara. Jika di indonesia seperti Banyuwangi,Jember,Malang,Pasuruan,Mojokerto,Kali bawang,Ponorogo,Wonogiri,Kulon progo,Kebumen,Batam,Bandung,telah banyak yang membudidayakan.

Bagi anda yang mempunyai riwayat darah tinggi,bisa memakan buah naga secara langsung atau,dengan cara membuat jus terlebih dahulu. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan sebaiknya konsumsi buah naga,sekurang-kurangnya dua bulan pada fase pertama,lalu di lanjutkan dua sampai tiga kali dalam seminggu,jika sudah mengalami perubahan.

#3. Buah Semangka

Buah_semangka-penurun_darah_tinggi
Image-Wikipedia

Buah semangka ini juga termasuk,jenis buah yang bisa menurunkan darah tinggi loh…

Jika anda mempunyai riwayat penyakit Hipertensi,cukup mudah untuk membuat obat alami dengan memanfaatkan buah semangka. Caranya dengan cara ambil beberapa potong buah semangka,di makan secara langsung,atau juga bisa di jadikan jus.

Jika anda menyukai jus buah semangka,sebaiknya campurkan susu rendah lemak saja,karena jika tidak,bukan darah tinggi anda akan turun,malah kolesterol anda akan naik.

Penting! Walaupun anda sedang melakukan program penurunan darah,sebaiknya jangan memakan buah semangka berlebihan, mengapa? Karena di dalam buah semangka terdapat Asam Pantotenat.

Buah_semangka
Image-Wikipedia

Asam pantotenat yaitu salah satu jenis Vitamin B komplek,yang bersifat larut dalam air.Zat ini pertama kali di temukan pada tahun 1933. Di dalam tubuh asam pantotenat berfungsi sebagai koenzim A (CoA),di dalamnya berfungsi sangat penting saat metebolisme pelepasan energi dalam tubuh.

#4. Buah Sirsak

Buah_sirsak-penurun_darah_tinggi
Image by-pixabay

Buah sirsak atau nangka belanda adalah jenis tumbuhan yang berasal dari Karibia Amerika Tengah,dan Amerika Selatan.Sejak Zaman belanda buah sirsak di gunakan sebagai bahan dasar jus atau es krim dan minuman ringan lain-nya.

Dan menurut penelitian Paramedist buah sirsak mempunyai banyak Karbohidrat terutama fluktosa. Buah sirsak juga kaya Vitamin di antaranya; Vitamin C, Vitamin B1 dan Vitamin B2,sehingga juga bermanfaat untuk menurunkan darah tinggi.

Buah sirsak biasanya tumbuh di daerah yang memiliki kandungan cukup banyak air,seperti di daerah yang sejuk.tumbuhan sirsak juga bisa tumbuh di ketinggian 2000 meter di atas permukaan air laut.

Harus di ingat bagi anda yang ingin menurunkan darah tinggi.anda bisa memakan buah sirsak yang sudah masak secara langsung,atau di buat jus,tapi jangan sekali-kali memakan buah sirsak yang masih muda atau memakan isinya,antara keduanya mempunyai manfaat yang berbeda.

#5. Tumbuhan Pegagan

Tumbuhan_pegagan-penurun_darah_tinggi
Image by-pixabay

Tumbuhan pegagan adalah jenis tumbuhan untuk menurunkan darah tinggi berikutnya.pada tumbuhan yang satu ini,sangat di sayangkan karena masih banyak di antara kita yang tidak mengetahuinya.

Tumbuhan pegagan di anggap sebagai tanaman liar yang mengganggu tanaman lain,atau jenis rumput ini hanya di gunakan sebatas pakan ternak saja. Padahal tumbuhan pegagan bisa di gunakan salah satunya mengobati darah tinggi.

Pegagan atau nama latin-nya Centella Asiatica biasa tumbuh di tanah atau ladang yang sedikit basah. Di wilayah tertentu tanaman ini juga biasa di kenal dengan tumbuhan kaki kuda,tumbuhan antanan atau rumput paku.

Bagi anda yang mempunyai penyakit Hipertensi sebaiknya rutin mengkonsumsi pegagan,bisa sebagai pelengkap menu makan anda,atau hanya di jadikan salad untuk meredakan penyakit darah tinggi anda.

Di dalam pegagan,banyak sekali tersimpan zat yang baik untuk tubuh kita,salah satunya adalah zat antioksidan yang membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Bagi anda yang ingin menjaga tekanan darah tetap stabil sebaiknya konsumsi daun pegagan secara rutin,untuk mendapatkan manfaatnya.

#6. Bawang Putih

Bawang_putih-penurun_darah_tinggi
image-Wikipedia

Bawang putih salah satu jenis tumbuhan yang tergolong,terbukti menurunkan darah tinggi. Hampir di seluruh dunia menggunakan-nya sebagai bumbu masakan,karena selain sebagai penyedap makanan,di kenal tanaman apotik herbal.

Untuk anda yang mempunyai masalah,tekanan darah tinggi,sangat di anjurkan konsumsi bawang putih,sekurang-kurangnya tiga sampai empat siung setiap hari.

Zat senyawa kimia yang terkandung di bawang putih,mampu mendorong tersumbatnya peredaran darah. Bukan hanya itu,zat antioksidan aktif membakar lemak jahat,yang berpotensi menyebabkan darah tinggi.

Bawang putih atau allium sativum adalah jenis umbi yang menghasilkan. Selain di jadikan sebagai bumbu masakan,ternyata bawang putih bisa di jadikan obat,salah satunya mengobati darah tinggi.

Bagaimana setelah ini? Apakah masih tidak mau konsumsi bawang putih,karena alasan bau mulut atau rasanya yang getir dan angur. Sangat di sayangkan jika anda tidak konsumsi bawang putih selama ini.

#7. Akar alang-alang

alang_alang-penurun_darah
image-Wikipedia

Alang-alang adalah sejenis tumbuhan yang memiliki daun tajam,dan di anggap menjadi musuh (gulma) oleh para petani. Bagaimana tidak,rumput yang satu ini mampu tumbuh subur meskipun tidak di lakukan penanaman.

Alang-alang biasanya tumbuh di tanah yang sedikit kering dan tidak berair. rumput yang satu ini,bisa tumbuh di lahan kosong atau,tumbuh bersama dengan tanaman lain.

Tahukah anda,bahwa alang-alang mempunyai manfaat yang jarang sekali orang mengetahuinya yaitu,menurunkan darah tinggi. untuk menurunkan darah tinggi,bukan memakan daun alang-alang yang tajam,melainkan,memanfaatkan akarnya saja.

Cara menyembuhkan darah tinggi dengan akar alang-alang yaitu;ambil beberapa akar alang-alang yang memanjang,lalu cuci dengan air bersih,kemudian anda kunyah usahakan hanya menghisap sari-nya saja.

Ulang mengunyah hingga beberapa akar alang-alang yang manis,lalu buang ampas-nya,jangan sampai tertelan. lakukan satu hari sekali atau kapanpun yang penting,tidak mengganggu aktifitas anda.

#8. Daun Salam

Daun_salam_bunga-penurun_darah
Image-wikipedia

Bagi masyarakat indonesia daun salam bukan hal yang asing untuk di bicarakan. Daun salam menjadi salah satu pelengkap untuk racikan bumbu,seperti masakan ‘Gudeg’ yang khas di miliki kota Jogjakarta.

Selain gudeg,daun salam juga di gunakan di berbagai masakan di daerah tertentu. Daun salam berasal dari kayu salam itu sendiri,yaitu jenis kayu yang menjulang tinggi bisa mencapai puluhan meter tingginya.

Kenapa daun salam bisa mengobati darah tinggi? Karena di dalam daun salam terdapat klorofill,eugenol,metill kavikol aktif sebagai antioksidan yang mampu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Bagi anda yang mempunyai gangguan Hipertensi, bisa menggunakan-nya secara rutin,bisa meminum air rebusan air daun salam murni,atau dengan cara mencampurkan ke dalam masakan anda,sehari-hari.

Uniknya selain daun-nya bisa di manfaatkan,buah salam juga baik jika kita mempunyai masalah pencernaan. Jika anda punya pohon salam sebaiknya,gunakan sebaik-baiknya ya…

#9. Daun Pepaya

Daun_pepaya-penurun_darah
image-wikipedia

Buah pepaya di kenal sebagai alternatif bagi anda yang mempunyai masalah pencernaan. Susah buang air besar,atau mengalami sembelit di karenakan asupan makanan anda,kurang serat.

Anda tahu selain buahnya,ternyata daun pepaya bisa di gunakan sebagai penurun darah tinggi? Mungkin sebagian orang tidak mengetahuinya,tapi menurut penelitian paramedis daun pepaya di percaya bisa menurunkan,kadar kolesterol darah.

masakan-daun_pepaya
image-wikipedia

Daun pepaya memiliki rasa pahit yang dominan,tidak seperti buahnya,tetapi anda tidak perlu khawatir,daun pepaya yang sudah di rebus,aman untuk di konsumsi. Daun singkong bisa menambah darah,dan daun pepaya sebaliknya yaitu menurunkan darah.

#10. Batang Seledri

batang_seledri-penurun_darah
image-wikipedia

Adalah sejenis sayuran yang biasa di gunakan untuk campuran masakan kuah,seperti mie sup atau makan kuah lain-nya. Batang selederi atau daun-nya sangat cocok bila di sajikan dengan masakan berkuah.

Selain bisa di jadikan pelengkap masakan,batang selederi bisa di gunakan sebagi obat penurun darah tinggi anda. Untuk memanfaatkan-nya sebaiknya di makan mentah atau di jadikan salad agar tidak mengurangi kandungan di dalamnya.

#11. Batang Serai (Sereh)

Batang_serai-Penurun_darah
image-Wikipedia

Serai atau sereh merupakan jenis tumbuhan dapur yang kaya akan manfaat,salah satunya bisa menurunkan kadar gula,dan menyembuhkan penyakit hipertensi.

Kandungan minyak atsiri pada tanaman sereh,di percaya sangat baik untuk tubuh kita. untuk membuat ramuan obat tradisional ini,anda bisa mencampurnya dengan teh,atau hanya di minum rebusan sereh murni.selain untuk menurunkan tekanan darah,meminum air rebusan sereh ini membantu,menjaga kekebalan tubuh anda.

#12. Biji Kapulaga

Kapulaga-penurun_darah
Image by-Pixabay

Kapulaga yaitu jenis tanaman rempah yang banyak sekali di temukan di benua asia,indonesia salah satunya.Buah kapulaga di hasilkan dari umbi akar yang berbunga di atas tanah,termasuk seperti lengkuas,jahe,temu lawak kunyit,namun bedanya kapulaga berbuah di atas tanah bukan di dalam tanah.

Buah kapulaga memiliki kandungan Anti-depressan yang sangat baik untuk tubuh kita. Meminum rebusan kapulaga bersama rempah lain seperti madu,jahe adas pulasari di percaya mampu menurunkan penyakit hipertensi.

#13. Cengkih

Cengkih-penurun_darah
image-wikipedia

Cengkih adalah jenis rempah yang di miliki oleh indonesia sejak zaman dahulu,bahkan sebelum indonesia maju dan berkembang seperti sekarang. Cengkeh salah satu primadona rempah yang menjadi rebutan bangsa eropa ketika itu.

Dan sampai sekarang tanaman cengkih masih tetap subur,di beberapa bagian di indonesia. zyzygium aromaticum adalah jenis tanaman yang tumbuh subur di daerah pegunungan. Minyak cengkih atau atsiri biasa di gunakan sebagai bahan dasar membuat parfum atau wewangian.

Selain di gunakan sebagai bahan dasar parfum,cengkih itu sendiri juga di gunakan untuk rempah dan bumbu dapur. Bukan cuma itu saja,minyak cengkih juga bisa di gunakan untuk,meredakan sakit kepala,bahkan bisa menurunkan darah tinggi anda.

Kesimpulan

Dari 13 jenis makanan penurun darah tinggi di atas,manakah yang paling mudah bisa anda temukan? semoga tips kesehatan kali ini sangat bermanfaat untuk kita semua. Dari semua jenis makanan di atas tidak ada yang mempunyai efek samping,akan tetapi setiap orang mempunyai sistem imunitas yang berbeda-beda.

Kurang lebihnya mohon maaf,semoga menjadi ilmu terbaik untuk anda semuanya. Jika anda rasa artikel ini bermanfaat,biasakan komen di kolom komentar,dan bagikan di media sosial anda,agar kami selalu bersemangat,membagikan hal-hal baru untuk anda berikutnya.

Refferensi https://id.wikipedia.org

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.