Perayaan idul adha di taiwan canghua

Perayaan Idhul Adha Di Taiwan,Canghua Yang Khidmat

Diposting pada
Imam Khotbah idul adha

Perayaan Idul adha atau hari raya qurban,merupakan hari raya ke dua terbesar bagi umat muslim di seluruh dunia.

Idul adha di laksanakan satu kali dalam setahun,sama seperti hari raya idul fitri.perbedaan hari raya idul fitri dan idul adha;

Hari Raya Idul Fitri

Tata cara melakukan ibadah sholat idhul fitri,

1.Di lakukan setelah satu bulan beribadah puasa wajib di bulan Ramadhan,dan sholat idul fitri pada 1syawal bulan islam

2.Umumnya di lakukan dua re’kaat

3.Di lakukan di pagi hari sebelum matahari condong 40 derajat

4.Niat sholat idul fitri yaitu,ussoli sunatall li’indil fitri rok’ataini lilahi ta’ala

Hari Raya Idul Adha

Secara umum,idul adha dan idul fitri,tidak mempunyai perbedaan yang signifikan.perbedaan-nya;

1.Niat sholat idul adha yaitu,ussoli sunatal lli’indil adha rok’ataini lilahhi ta’ala

2.Bersedekah melaksanakan sunnah yaitu,menyembelih hewan qurban seperti,kambing,unta,sapi bagi yang mampu melaksanakan-nya (tidak wajib)

Itulah yang membedakan perayaan idul adha dan idul fitri,yaitu niat dan cara melaksanakan-nya.

Jamaah sholat idul adha pahlawan devisa

Bagi teman-teman pahlawan devisa,khususnya di taiwan,perayaan seperti ini sangat bermakna.selain untuk mendekatkan diri ibadah kepada tuhan yaitu alloh swt,juga mampu sedikit mengobati kerinduan akan kampung halaman.

Di taiwan banyak sekali titik yang di gunakan untuk sholat idul adha maupun idul fitri. Di taipe biasanya di masjid besar Daan,Taoyuen,Sinchu,Masjid Taicung,Tainan,Kaoshiung,dan salah satunya juga di selenggarakan di Kota Canghwa,tepatnya area stasiun Canghwa.

Meskipun di kota Canghwa perayaan sholat idul adha,di lakukan dengan sederhana,namun tidak mengurangi rasa antusias bagi teman teman yang ingin melaksanakan ibadah sholat idul adha.

Jamaah penuh Canghua

Di Canghwa bahkan sholat idul adha di lakukan sampai tiga kloter secara bergantian,karena minimnya tempat untuk sholat.Setiap imam secara bergantian menjadi imam sholat sampai tiga kloter.sedangkan imam yang di tunjuk biasanya dari pengurus-pengurus NU (Nahdotull Ulama) yang ada di taiwan,namun dari sebelumnya telah meminta izin pemerintah setempat dan rekomendasi dari KDEI.

Pada jam 06.30 pagi kloter pertama telah di laksanakan dengan Kusuk dan khidmat.setelah melakukan sholat,mendengarkan khotbah selama kurang lebih 20 menit. dari lisan seorang salah satu yang menjadi imam,kami sangat menyimak apa yang di sampaikan. Menurut imam’ sebagai seorang mukmin yaitu muslimin dan muslimat harus bisa mengikuti apa yang di ajarkan Nabi ibrahim sebelumnya.ketika itu tuhan sebagaimana telah meminta nabi ibrahim,menyerahkan anaknya yaitu nabi ismail.

Pada saat itu,nabi ibrahim, sungguh lembut hati dan ikhlas-nya dia memberikan anaknya,namun ternyata alloh swt hanya mengujinya.mulai saat itu setiap perayaan idul adha hewan kurban untuk sedekah,sebagai sebagai tanda syukur atas nikmat yang tuhan berikan.

Imam juga mengatakan’bahwa kita seharusnya menjadi manusia yang rendah hati,ridho seperti yang di contoh-kan nabi ibrahim as. Sesama umat manusia saling mengasihi,saling menyayangi,dan jangan sungkan untuk saling menolong bagi yang membutuhkan.

Bilal menyerahkan tongkat

Dan Imam menambahkan bahwa’di dunia ini sifatnya hanya sementara,apapun yang kita miliki di dunia hanyalah perhiasan dunia. Jika kita ingin mendapatkan ridho yang baik,maka kita perlu contoh apa yang di lakukan nabi ibrahim.

Membantu orang yang kesusahan,memberi orang lain dengan ikhlas,tanpa punya niat untuk hal apapun,juga termasuk bentuk kepedulian dan kewajiban. Kita tidak boleh sombong meskipun,mempunyai segalanya.kita tidak boleh kufur atas apa yang kita miliki.bersyukur dan menerima adalah kewajiban.

Meskipun sholat idul adha di lakukan dengan sederhana tetapi,bagi kami tidak mengurangi rasa syukur ‘menurut salah satu teman BMI. Bagi kami pemerintah Taiwan. memberikan ijin saja sudah sangat cukup,agar kami bisa beribadah sholat id.kami tidak menginginkan hal yang lebih,kita juga sadar tiap negara mempunyai aturan dan tradisi yang harus kita hormati.

Banser mengamankan lalu lintas

Lalu kami sangat nyaman melaksanakan ibadah sholat id,karena teman-teman dari Banser dan Pemuda ansor turut mengawal ibadah sampai selesai ‘tambahnya.

Kesimpulan

Bahwa semua kebaikan akan berbuah kebaikan,mengulurkan tangan untuk orang yang membutuhkan lebih berharga,daripada memberi hanya ingin di puji sama dengan ‘Riyya’ itu tidak di boleh-kan oleh agama mana-pun, termasuk islam.

Pelajaran baru untuk kita semua,bahwa dalam melakukan ibadah bisa di lakukan di mana-pun, seperti yang di lakukan teman-teman di taiwan.

Pelajaran yang kedua dari perayaan idul adha yaitu sama seperti yang di lakukan nabi terdahulu,nabi ibrahim alaihi salam.berkurban untuk kebaikan.

Semoga kita semua selalu di beri kesempatan,untuk melakukan kebaikan-kebaikan yang besar untuk orang yang membutuhkan,amiin.

Gambar Gravatar
Menulis adalah cara yang tepat untuk menghilangkan rasa jenuh. Dengan menulis kita bisa mengolah rasa perasaan di dalam hati sesuai keinginan kita. Menulis bisa melawan penyakit hati dan membantu otak selalu segar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.